Salah satu pertanyaan yang kerap ditemui oleh penulis baik di Medicalera maupun forum-forum kesehatan lainnya adalah "apakah keseringan onani bisa membuat saya jadi ejakulasi dini?". Dalam kesempatan yang baik ini, penulis ingin membuat ulasan khusus dalam sebuah artikel. Penasaran? Ikuti!


Dalam definisi sederhananya, ejakulasi dini adalah ketidakmampuan seorang pria untuk mempertahankan untuk tidak ejakulasi pada saat berhubungan seks (terjadi penetrasi) atau bahkan sebelum terjadinya penetrasi yang sempurna. Jelas definisi ini hanya berlaku pada saat terjadi berhubungan seks.

Durasi yang dimaksud dengan ejakulasi dini sebenarnya sangat bervariasi, namun yang paling banyak diambil oleh para ahli, bila terjadi sesaat ketika terjadi penetrasi, bukan dalam artian menurut masing-masing pasangan. Bisa saja pasangan suami istri A mengatakan bahwa suaminya mengalami ejakulasi dini karena hanya bertahan dalam hitungan 1 menit, sedangkan pasangan B mengatakan suaminya ejakulasi dini karena hanya mampu 30 menit. Maka yang diambil patokan sebagai ejakulasi dini adalah pada pasangan A karena lebih mendekati waktu yang sangat singat segera setelah terjadi penetrasi.