Senin, 04 Maret 2013

PIE NANAS




 

Natal adalah moment yang penting untuk berkumpul dengan keluarga, apalagi dengan menyediakan berbagai makanan. Nah hidangan yang ini dapat Anda contoh untuk disajikan pada keluarga Anda. Selamat mencoba!

Bahan Pie:

100 Gram Mentega Tawar Dingin, Potong-potong Kecil

75 Gram Gula Tepung

1/4 Sendok Teh Garam

3 Kuning Telur

160 Gram Tepung Terigu Protein Sedang

75 Gram Susu Bubuk

3/4 Sendok Teh Baking Powder

1 Sendok Makan Air Es

Bahan Isi:

1 Buah (450 Gram) Nanas, Potong-potong Kipas

50 Gram Ceri Merah, Belah 4 Bagian

50 Gram Ceri Hijau, Belah 4 Bagian

100 Gram Gula Pasir

1/4 Sendok Teh Garam

2 Tangkai Cengkeh

2 Cm Kayumanis

1 Sendok Teh Air Jeruk Lemon

1 Sendok Teh Kulit Jeruk Lemon

Bahan Olesan:

2 Kuning Telur

1 Sendok Teh Krim Kental

Cara membuat:
  1. Campur mentega tawar dingin, gula tepung, garam, kuning telur, tepung terigu, susu bubuk, baking powder, dan air es. Uleni dengan ujung jari hingga rata dan dapat dibentuk. Diamkan 30 menit dalam lemari es.
  2. Giling adonan setebal 1/2 cm. Masukkan dalam cetakkan pie bergerigi diameter 22 cm tinggi 3 cm. Ratakan. Lapisi dengan kertas minyak. Masukkan kacang hijau ke atasnya sebagai pemberat. Oven dengan api bawah suhu 170 derajat Celsius 20 menit hingga setengah matang. Buang pemberat. Sisihkan.
  3. Isi, campur nanas, ceri merah, ceri hijau, gula pasir, garam, cengkeh, dan kayumanis. Masak hingga kental. Masukkan air jeruk lemon dan kulit jeruk lemon. Aduk rata. Dinginkan.
  4. Masukkan dalam kulit pie. Tutup dengan sisa adonan kulit. Beri motif . Kerat-kerat jajaran genjang tidak putus.
  5. Oven dengan api bawah suhu 170 derajat Celsius 20 menit hingga setengah matang. Keluarkan. Oles dengan olesan. Oven lagi dengan api bawah suhu 170 derajat Celsius 10 menit hingga matang.


Untuk 12 potong









Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.


Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.


Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar