Jumat, 22 Februari 2013

Macam - Macam Sate Nusantara

1.Sate Lalat


Macam-macam Sate Indonesia

Sate lalat, atau dalam bahasa Madura biasa disebut sate laler, tidak dibuat dari lalat, melainkan dari daging kambing atau ayam, yang dipotong kecil-kecil sehingga kelihatan seperti lalat. Sate dari Pamekasan, Madura ini dibakar sekadarnya saja, tidak terlalu lama. Namun bumbu kacang dan kecapnya membuat sate ini terasa nikmat.
Sate lalat biasanya dijual per ikat dan seikatnya terdiri dari 25 tusuk.


2.Sate Padang


Berkas:Sate Padang2.JPG

Sate Padang adalah sebutan untuk tiga jenis varian sate di Sumatera Barat, yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman. Sate Padang memakai bahan daging sapi, lidah, atau jerohan (jantung, usus, dan tetelan)[1] dengan bumbu kuah kacang kental (mirip bubur) ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas. Sate Padang Panjang dibedakan dengan kuah sate nya yang berwarna kuning sedangkan sate Pariaman kuahnya berwarna merah. Rasa kedua jenis sate ini juga berbeda. Sedangkan sate Padang mempunyai bermacam rasa perpaduan kedua jenis varian sate di atas

3.Sate Madura


Macam-macam Sate Indonesia

Dari sekian banyak jenis sate mungkin sate madura lah yang bisa dibilang paling terkenal,ya sebab dimana-mana ada orang yang jual sate madura.sate ini disajikan dengan lontong dengan disiram dengan bumbu kacang.kebanyakan daging yang digunakan adalah daging ayam dan sapi.

4.Sate Lilit


Macam-macam Sate Indonesia

Sate lilit adalah sate yang khas dari wilayah pula dewata,bali.sate lilit kebanyakan dibuat dengan menggunakan daging ayam yang dililitkan di tusukan sate yang gede terbuat dari bambu.beda banget yah dengan sate lain nya yang menggunakan lidi dari bambu.

5.Sate Kelinci


Macam-macam Sate Indonesia

Nah kali ini yang agak nyeleneh,seperti dengan namanya sate kelinci menggunakan bahan baku dari daging kelinci.

6.Sate Kuda


Macam-macam Sate Indonesia
Kalo yang ini sate kuda,tekstur daging nya tak ada bedanya dengan daging sapi atau kambing.hanya kekerasan nya saja yang membedakan nya.sate kuda menggunakan kuda,tapi kebanyakan menggunakan daging kuda sudah tidak produktif.yaitu kuda yang udah tidak bisa lari kencang atau menarik beban lagi,ya bisa dibilang tua gitu.

7.Sate Rusuk


Macam-macam Sate Indonesia
Sesuai dengan namanya,sate rusuk asal nya dari daging bagian rusuk dari kambing atau sapi.sate ini tidak pake tusukan lho,liat aja masih ada rusuk nya.jadi sate ini dibilang tidak pernah dilepaskan dari tulang nya.

8.Sate Telur Puyuh

Macam-macam Sate Indonesia


Sate telur puyuh juga banyak dijual,sate ini biasanya untuk teman makan soto.sate ini dari telur puyuh yang dibacem lalu ditusuk dengan tusukan sate.

9.Sate Usus

Macam-macam Sate Indonesia

Mungkin dari sekian banyak jenis sate,sate jenis ini lah yang paling tidak direkomendasikan untuk dimakan oleh pakar kesehatan.bayangin aja,sate ini dibuat dari usus ayam.padahal menurut penelitian usus ayam terdapat berbagai macam mikroba yang berbahaya untuk kesehatan,selain itu kolestrol nya sangat tinggi.tidak ada efek sehat,hanay untuk membuat perut kenyang saja.sate ini sama kayak sate telur puyuh,banyak dimakan orang sebagai teman untuk menikmati soto.

10.Sate Ikan

Macam-macam Sate Indonesia

Tampilannya sama kayak sate lainnya,hanya saja daging yang digunakan adalah daging ikan.kebanyakan menggunakan ikan tongkol dan cakalang.

11.Sate Kerang dan Sate Keong

Macam-macam Sate Indonesia

Sate keong dan sate kerang bentuk nya hampir sama,rasa nya pun 11-12 hanya saja sate keong daging nya lebih lembut ketimbang sate kerang.sate ini banyak dijual di restoran seafood.

12.Sate Belut

Macam-macam Sate Indonesia

Sate ini juga enak,dari daging belut.oh iya bagi yang belum pernah nyobain,daging belut itu rasanya seperti daging ayam lho....

13.Sate Cumi

Macam-macam Sate Indonesia

Sate Cumi sesuai dengan nama nya terbuat dari daging cumi-cumi.sate cumi ditusuk utuh seluruh badan tidak dipotong mulai dari tentakel nya hingga kepalanya.sate ini banyak dijual di restoran seafood.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.


Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.


Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar