Jumat, 22 Februari 2013

MIE AYAM RAMYEON

Ramen adalah masakan yang bahan utamanya adalah mie serta memiliki rasa yang pedas, Ramen ini berasal dari Negeri Cina, ciri khas dari ramen adalah bentuk dari mienya yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan mie lainnya, serta kuahnya terasa gurih dan berwarna kemerahan yang menimbulkan rasa cukup pedas. Mie Ramen memiliki beberapa pilihan untuk kuahnya seperti mie ramen dengan kuah rasa kecap asin, kuah rasa tonkotsu, kuah rasa shio (garam), kuah rasa miso.berikut cara membuatnya ;

Bahan :
*250 g ramen yang sudah direbus, tiriskan

Kuah :
* 1 sdm minyak sayur
* 2 siung bawang putih, cincang
* 1 sdm daun bawang iris halus
* 150 g daging ayam cincang halus
* 600 ml kaldu ayam/air
* 1 sdm miso kuning
* 1 sdm kecap asin
* 1/2 sdt cabai merah bubuk
* 1/2 sdt merica bubuk
* 1 sdt garam
* 50 g paprika merah, iris memanjang kecil
* 50 g mentimun, iris memanjang kecil
* 1 sdt tepung kanji, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat:
# Kuah : Tumis bawang putih dan daun bawang hingga layu.

# Masukkan daging ayam, aduk hingga matang.

# Tambahkan kaldu, bumbu, dan didihkan.

# Masukkan paprika dan mentimun, aduk hingga layu.

# Tuangi larutan tepung kanji, aduk hingga agak kental.

# Masukkan ramen, aduk hingga rata. Angkat.
 # Tuang ke piring saji.
 # Sajikan hangat dengan pelengkapnya

Untuk 2 orang

Sudah banyak diketahui masyarakat luas bahwa Ramen adalah makanan rakyat Jepang sejak jaman dahulu kala. Namun berbagai macam jenis kuah yang digunakan pun memiliki racikan dan resep yang berbeda-beda. Racikan kuahnya terdiri dari bumbu, lauk, dan jenis kaldu yang dimasukkan ke dalam kuah ramen. Rakyat Jepang biasa menggunakan bahan makanan yang mereka sukai dan terasa familiar dengan lidah masing-masing. Kali ini, OpenRicers akan mengetahui lebih banyak mengenai kuah ramen, kaldu, bumbu serta bahan utamanya agar bisa dicoba sendiri di rumah.




Kuah kaldu yang bisa digunakan untuk melengkapi sajian ramen yang lezat merupakan bahan dasar yang dihasilkan dari campuran tulang sapi, tulang ayam, bawang bombay, daun bawang, jamur shiitake, kacang kedelai gongseng, dan bahan-bahan dasar lainnya. Jenis kuah untuk ramen pun kemudian dapat dibagi menjadi beberapa golongan, seperti kuah dengan rasa kecap asin, kuah rasa tonkotsu (kaldu tulang), rasa shio (garam), serta rasa miso. Kuah yang paling banyak digemari masyarakat adalah kuah dengan sedikit rasa asin. Rasa asinnya tercipta dari rebusan tulang ayam dan sayur-sayuran. Biasanya ditambahkan dengan merica dan sedikit minyak wijen.




Kuah ramen yang dihasilkan dari kaldu tulang biasanya tidak terlalu asin. Warnanya sedikit putih kecoklatan dan dipadukan dengan saus kecap asin yang bisa ditambahkan dengan kuah tulang kental. Berbeda dengan kuah rasa shio (garam) justru berwarna hampir bening, bisa OpenRicers cicipi rasanya pada Ramen Hakodate. Juga banyak digemari salah satunya adalah ramen dengan kuah rasa miso yang harum karena berasal dari kaldu tulang ayam. Biasanya OpenRicers juga bisa menemukan sup miso secara terpisah.

Jadi, apakah anda penasaran kuah ramen manakah yang paling tepat untuk Anda?
selamat mencoba!!!







Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.


Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.


Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar